Candi Wasan

published by : wayan purya on December 10, 2015

Salah Satu Bukti Kebesaran Masa Lalu Yang Masih Belum Banyak Yang Tahu

Seperti diberitakan oleh banyak media belakangan, berbagai situs baru bermunculan di seluruh pelosok tanah air tak terkecuali Bali. Candi Wasan adalah salah satu dari situs baru tersebut yang saat ini sudah dipugar meskipun masih belum sempurna. Berlokasi di daerah Batuan Kecamatan Sukawati, Gianyar-Bali, candi yang diperkirakan merupakan peninggalan abad ke XIV ini bukanlah candi bangunan tunggal. Candi Wasan memiliki ukuran panjang 11,10m, lebar dihitung dari lapik candi 9,40m dan tinggi 14,1m. Susunan atap 4 tingkat yang dilengkapi dengan hiasan simbar dan menara sudut serta satu tingkat teratas merupakan atap candi.

Candi Wasan

Candi Wasan di Sukawati Bali

Sesungguhnya penelitian candi Wasan sudah dimulai dari tahun 1986 yang dilaksanakan dalam bentuk ekskavasi arkeologi. Tahap demi tahap proses pemugaran dilaksanakan hinga akhirnya kini terbentuklah sebuah bangunan candi utuh dimana sebagian materinya masih menggunakan bahan asli yang ditemukan pada saat ekskavasi. Selain bangunan candi utama, juga dipugar oleh Balai Pelestarian Purbakala Bali dalam kurun waktu bersamaan sebuah kolam yang berukuran panjang 22 meter, lebar 7 meter, dan kedalaman 1,5 meter. Seorang warga yang enggan disebut namanya menuturkan, “di sekitar daerah pemugaran tersebut sebenarnya masih dijumpai beberapa pondasi candi dan tembok dimana berada di posisi-posisi sulit untuk ditindak lanjuti.”

wasan temple

Candi wasan termasuk kelompok candi hindu baru yang ditemukan

Candi Wasan sangat gampang untuk dicari. Dari kawasan pasar seni Sukawati terus mengikuti jalur Ubud sampai bertemu patung bayi di daerah Sakah. Darisana mengambil arah Blahbatuh (belok kanan) dan sekitar 300m dari pertigaan patung bayi anda masuk gang kecil kea rah kiri. Bagi yang membawa kendaraan roda empat harus memarkir kendaraan dipinggir jalan utama dan berjalan sedikit menyusuri jalan setapak dipinggir sungai kecil.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *