Otonan Uang Rahina Buda Cemeng Klawu

published by : wayan purya on June 8, 2016

IMG_4161.

Segala sesuatu yang terkait dengan kehidupan sehari-hari di Bali selalu memiliki hari baik dan bila saatnya tiba akan dibuatkan perayaan berupa upacara keagamaan. Begitupun uang dalam berbagai bentuk, baik uang kertas, koin termasuk uang kepeng yang masih banyak digunakan untuk keperluan upacara. Hari ini adalah rahina Buda Cemeng Klawu atau biasanya juga disebut dengan Buda Wage Klawu merupakan hari pemujaan terhadap Bhatara Rambut Sedana atau juga dikenal sebagai Dewi Laksmi, yang melimpahkan kemakmuran dan kesejahteraan. Upacara Buda Cemeng Klawu ini jatuh pada hari Rabu Wage wuku Klawu kalender Saka-Bali, yang diperingati setiap 210 hari atau 6 bulan sekali oleh masyarakat Hindu di Bali.

IMG_4163.

Pada hari ini umat Hindu di Bali meyakini Ida Betari Rambut Sedana/ Dewi Laksmi sedang melaksanakan yoga dan di percaya juga pada hari ini tidak diperbolehkan menggunakan uang untuk hal-hal yang sifatnya tidak kembali berupa wujud barang, misalnya membayar hutang atau menabung, karena dipercaya uang/ kekayaan tersebut nantinya tidak dapat kembali selamanya dan menghilang oleh sifat tamak/ serakah kita sebagai manusia. Meskipun bukan merupakan salah satu hari raya yang signifikan, perayaan ini tetap sangatlah penting bagi orang Bali. Masing-masing keluarga membuat sesajen dan dihaturkan di pemerajaan masing-masing. Dewi rambut sedana yang dilambangkan dengan patung terbuat dari uang kepeng juga dihias sebelum diupacarai.

IMG_4145.

Upacara ini menjadi sangat penting bagi mereka yang membuka usaha perdagangan, misalnya pedagang di pasar, pemilik warung, restaurant, jasa keuangan, bengkel, bahkan sampai ke perusahaan-perusahaan yang mengalirkan dana secara cepat dalam menjalankan perusahaaan. Biasanya pada setiap tempat yang digunakan untuk menyimpan uang, diberikan sesajen khusus untuk menghormati Ida Betara Sedana atau Dewi Laksmi sebagai wujud ungkapan rasa terima kasih atas pemberian-Nya. Bahkan bagi sebagian pedagang yang meyakini mereka menggunakan cincin dengan permata rambut sedana. *BB-RM*

Leave a Reply

4 thoughts on “Otonan Uang Rahina Buda Cemeng Klawu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *