Menyongsong Musim Telur Tahun 2017 di Penangkaran Penyu Saba Asri

published by : wayan purya on January 12, 2017

low2Pada pagi hari tanggal 11 Januari, 2017 para anggota kelompok konservasi penyu Saba Asri yang berlokasi di pantai Saba, Blahbatuh – Gianyar melakukan kegiatan kerjabakti membersihkan areal penangkaran dalam rangka persiapan musim telur tahun ini. Setiap tahunnya mulai bulan Februari sampai bulan September induk penyu akan mulai bersarang dimana puncaknya akan terjadi sekitar bulan Juni dan Juli. Pada bulan-bulan ini, di malam hari bukan hanya disepanjang pantai Saba, Gianyar tetapi juga diseluruh Indonesia bahkan dunia akan di penuhi oleh induk penyu yang akan bertelur. Di pantai Saba sendiri kebanyakan jenis penyu lekang yang bersarang.

Setiap tahunnya di penangkaran Saba Asri yang dirintis mulai tahun 2007 oleh Bapak Made Kikik dan secara resmi beroperasi di tepi pantai Saba mulai awal tahun 2014 ini berhasil menyelamatkan sekitar 12.000 telur penyu. Proses penyelamatan telur melibatkan semua anggota dan juga masyarakat setempat di sepanjang pantai Kabupaten Gianyar mulai dari pantai Siut sampai ke pantai Lembeng guna menghindari serangan dari binatang terutama anjing liar yang senang melahap telur penyu. Made Kikik salaku ketua kelompok mengatakan, “kami berharap tahun ini akan menjadi musim yang lebih baik dari tahun lalu dimana jumlah induk penyu yang bersarang sangat sedikit dikarenakan oleh cuaca yang sangat ekstrim. Bahkan lokasi pengeraman kami sempat dibanjiri oleh air pasang yang mengakibatkan banyak telur menjadi busuk”.

Kegiatan kerjabakti dilakukan dengan membersihkan kolam penampungan dan lokasi pengeraman telur penyu yang mulai rapuh dan ditumbuhi tanaman liar. Pada kesempatan ini juga anggota kelompok dibantu oleh sekelompok remaja (sekitar 15 orang) asal Tiongkok yang di fasilitasi oleh Yayasan Mitra Stata dari Desa Kemenuh, Gianyar. Kedatangan remaja Tiongkok ini merupakan agenda rutin setiap minggu yang sudah menjadi program edukasi tetap dari Yayasan Mitra Stata.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *